Wednesday, November 23, 2011

Perbedaan Lelaki dan Wanita

Menurut John Gray dalam bukunya Men Are From Mars, Women Are From Venus, perbedaan mendasar antara lelaki dengan wanita dapat digambarkan sebagai berikut:


Lelaki --> Sense of self dinilai dari prestasi

benar juga sih, kalau saya pribadi senang dengan laki - laki yang serba bisa dan smart dibandingkan laki - laki yang nggak bisa apa - apa.

wanita --> sense of self dinilai dari kemampuan membina hubungan

Ada betulnya juga tapi kalau nggak smart jadinya kosong aja, apalagi zaman sekarang, perempuan itu harus cerdas, cerdas itu bukan berarti pintar, cerdas itu lebih dalam cakupan yang lebih luas lagi.


lelaki --> berorientasi pada tugas

kalau ini, aku juga kurang ngerti, mungkin aja maksudnya, laki - laki itu lebih fokus sama tugas atau hal - hak yang sedang menyibukkan nya dibandingkan hubungan dengan lingkungannya.

Wanita --> Lebih berorientasi pada hubungan

Nah, kalau ini mungkin maksudnya, wanita itu mempunyai kebutuhan sosialisasi yang lebih tinggi dibandingkan laki - laki, contohnya aja, ada masalah enaknya pasti curhat sama sahabat.


Lelaki --> Mandiri

Laki - laki itu biasanya lebih mandiri dari pada wanita, mungkin karena tuntutan dari kecil bahwa laki - laki itu nggak boleh lemah, nggak boleh kalah dari perempuan, tapi kalau menurut aku, nggak semua laki - laki juga yang mandiri, buktinya banyak tuh teman - teman aku yang laki - laki pada manja, kalau aku pribadi sih tidak terlalu suka dengan lelaki yang sedikit - sedikit nggak bisa terus akhirnya minta tolong.

Wanita--> saling tergantung

kalau saling perempuan saling tergantung sih itu tergantung situasi dan kondisi ya, selagi masih bisa dikerjain sendiri ya  nggak usah minta bantuan, tapi nggak bisa dipungkiri semuanya bisa dikerjakan oleh perempuan terutama hal - hal yang membutuhkan kekuatan fisik.


lelaki--> Minta bantuan dapat diartikan sebagai lemah

Kalau masalah yang ini kayaknya tergantung sih, tergantung bantuan apa yang ingin diminta, bukti nya ada beberapa teman saya yang minta bantuan karena memang dia tidak bisa melakukan nya karenan masalah jarak, ada lagi teman saya yang minta bantuan karena memang mereka manja atau bossy, males banget kan? :)

wanita--> Minta bantuan berarti menghormati orang yang dimintai bantuan

hm...ini bener banget. Bagi saya ketika saya minta bantuan pada orang tersebut, saya merasa emang butuh banget ama bantuan mereka bahwa saya menganggap mereka itu orang penting, dan saya menganggap bahwa bantuan tersebut merupakan wujud potensi mereka? hm coba deh pikir selama ini, saya minta bantuan ama kalian itu sesuai kafaah (keahlian) kalian masing - masing kan?

Lelaki --> fokus pada tujuan

Udah dijelaskan di atas, saking ngejer target terkadang ga mikir team kerjanya.

Wanita--> menikmati proses

Ga penting output yang penting prosesnya tp bener juga saking menikmati proses kadang2 lupa pada tujuan utama.

Lelaki --> bersaing

Untuk mencapai tujuan para lelaki akan bersaing dengan saingannya dengan cara apapun.

Wanita --> bekerjasama

Untuk mencapai tujuan para wanita lebih suka bekerjasama  yang penting itu prosesnya tapi hasil juga cukup penting yang bener2 penting adalah NIATNYA BENAR, CARANYA BENAR, DOANYA BENAR, insyaAllah hasilnya BENAR

Lelaki --> Mengandalkan kemampuan analisis

Hm yuph, kebanyakan lelaki menggunakan logika dalam menganalisa sesuatu, karena otak kirinya lebih dominan. Gak mempan dengan sindiran,biasanya gak mudeng, harus bener bener di kasih tau.

Wanita --> mengandalkan kemampuan instuisi

Wanita dominan menggunakan perasaan dan emosi dalam menilai sesuatu karena wanita itu perasa, halus, lembut (kecuali satu orang yang kagak ada elemen halus dan lembutnya yaitu................tau kan siapa)

Lelaki -->  Cara pikir Linear: fokus pada satu hal dalam satu waktu, dan terkotak-kotak

Bener banget! saya perhatikan setiap saya terlibat suatu pekerjaan dengan teman -teman yang lain, kadang para lelaki yang ikut kerja terlalu fokus pada satu masalah, sedangkan masalah yang lain terkadang terlupakan sehingga harus selalu diingatkan.

Wanita --> Multi-tasking: berkutat dengan hal-hal kecil dalam satu waktu, dan sambung-menyambung.

makanya yang jadi sekretaris perempuan arena mereka bisa mengangkat telpon sambil tetap focus mengetik.


Lelaki --> Bertindak Merasa lebih baik dengan menyelesaikan masalahnya

Kalau ini sih, berdasarkan dari pengalaman pribadi, sepertinya memang benar begitu.

Wanita --> Berbicara Merasa lebih baik dengan membicarakan masalahnya

Hm...maksudnya, kalau ada masalah biasanya wanita akan membicarakan apa permasalahannya pada orang yang bermasalah denganya sehingga sebabnya diketahui jadi ngaak akan terulang lagi masalah yang sama. Coba perhatikan kebanyakan wanita lah yang suka perang mulut lelaki kebanyakan langsung baku hantam (he he he ga nyambung ya)

Lelaki --> saat STRESS : cenderung menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan atau menarik diri.

Iya ya??? Wah berarti ada beberapa temen saya yang lagi stress di sini??? Buktinya ga muncul2!!!

Wanita --> Saat STRESS : semakin terlibat dengan orang lain, lebih banyak berbicara agar dapat didengarkan dan dimengerti.

Istilahnya CURHAT but is depend on the person, kalau saya lagi stress biasanya bakal banyak korban kejahilan berjatuhan atau puisi puisi narsis sok romantis bertebaran, de ide gila bermunculan.

Lelaki --> Kebutuhan utama: dihormati (dipercaya, diterima, dihargai, dikagumi, diteguhkan, didukung )

Sepertinya memang begitu, laki - laki itu lebih baik

Wanita--> Kebutuhan utama: di-ayom-(diperhatikan secara lembut, dimengerti, dihormati, dilindungi, diteguhkan, penghiburan).

Semua wanita pasti setuju

Lelaki-> Kata-kata digunakan untuk menyampaikan fakta dan informasi

Berarti yang sekarang yang banyak saya kenal cuma cowok, habis kata - kata yang digunakan nggak berisi fakta dan informasi cuma omong kosong dan gombal.

Wanita--> Kata-kata merupakan sesuatu yang alami, sama halnya seperti bernafas

Karena perempuan kan emang bakat alaminya ngomong, apalagi kalau debat sama laki - laki, yang laki - laki baru ngomong A yang perempuan udah sampai Z.

Tuh dah liat kan bedanya antara lelaki dan wanita jadi bisa dimengerti kan mengapa permasalahan sering terjadi antara sesama wanita dibanding antara lelaki dengan lelaki atau wanita dan lelaki yang harus digaris bawahi yang diatas hanya pendapat 2 orang yakni jhon gray dan saya.kalau salah, ya dimaklumi aja, kan tiap manusia itu berbeda dan punya konsep diri yang berbeda pula so, depend on the person.